Ayoooo, Ke Puncak Tambesy Spot Baru Wisata Tabaru

- Jurnalis

Rabu, 28 Oktober 2020 - 04:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bukan saja dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi budaya dan rempah. Tapi Halbar juga memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, karena selain potensi wisata pantai dan keindahan bawa laut yang sudah mendunia, kini telah hadir spot wisata baru di Kecamatan Tabaru.

 

Berikut laporan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Esa Moi, Kecamatan Tabaru, Halmahera Barat, Maluku Utara, yang dirangkum Staf Dinas Kominfo Halbar, Arman Hi. Safi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Puncak Tambesy merupakan spot baru wisata tabaru yang terletak di Desa Tuguis Kecamatan Tabaru. Tepatnya di area Perkebunan milik Amrosius Ais Putjutju, untuk mencapai titik pemandangan alam dengan landscape pegunungan, pengunjung harus tracking dari Desa Tuguis menuju Puncak Tambesy dengan menempu jarak kurang lebih 10 menit. Jalur menuju puncak Tambesy membutuhkan tenaga ekstra, sebab, permukaan tanah menuju puncak Tambesy agak  menanjak.

Puncak tambesy yang agak menanjak dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak, bukanlah hal sulit, karena ketika tiba dilokasi spot, semua keraguan dan kelelahan hilang seketika dengan penampilan landscape pegunungan yang melatar belakang Gunung Ibu yang merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Dari kejauhan, Gunung Ibu, yang indah seakan menyapa “nikmatilah anugerah Tuhan yang indah ini”.

Baca Juga :  Wow! 50 Kapal Layar internasional Bakal Singgahi Kepsul Tahun ini

Perkebunan kelapa milik warga, nampak hijau menyejukkan mata. Hembusan angin  sepoi-sepoi ditambah gumpalan-gumpalan awan putih, bak kapas bertaburan menambah eksotiknya pemandangan di tempat itu. Ada juga di waktu pagi dan sore hari puncak tambesy biasanya selalu di selimuti kabut tebal. Sebuah ukiran tulisan, I Love Tabaru pun menjadi ikon swa foto setiap pengunjung.

Ceremony pembukaan lokasi wisata alam Puncak Tambesy digelar tanggal 11 oktober 2020 lalu, oleh Camat Tabaru, Ariyanto Bobangu, ditandai dengan pengguntingan pita, acara ini di hadiri Pemdes Tuguis dan Pemdes Soasangaji serta Ketua KIM Esa Moi Tabaru James Kose, serta pengurus KIM Esa Moi Tabaru.

Baca Juga :  Gelar BImtek di Kepsul, Kepala Kantor Bahasa Malut: Jangan Biarkan Bahasa Sula Terancam Punah

Pengelola wisata Tambesy, Amrosius pun telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk pengunjung yang bersantai menikmati pemandangan alam di lokasi tersebut, Pisang Goreng dan Air Jahe (Air Goraka) menjadi menu favorit di tempat itu.

Dari Pantauan KIM Esa Moi, saat acara Ceremony, pembukaan wisata Puncak Tambesy, wisatawan yang hadir membludak, kurang lebih 350 orang, semuanya wisatawan lokal, mereka datang dari desa-desa sekitar dan beberapa lagi dari Jailolo, Sahu dan Sahu Timur ada juga dari Loloda.

Selain wisata alam Puncak Tambesy, di Kecamatan Tabaru, juga menyediakan  beberapa spot wisata adventure (petualangan) yang berhubungan dengan air, diantaranya Air Terjun Mu’uti di Desa  Goin, Air Terjun Toouru di Desa Todoke, Ada juga Air Terjun yang dinamai sesuai nama desa tempat Air Terjun berada, seperti Air Terjun Borona, yang terletak di Desa Borona, Talaga Todoke dan Tokuoko, penamaan kedua Telaga tersebut juga sesuai dengan nama desanya. (KIM/Kominfo)

Berita Terkait

Gelar BImtek di Kepsul, Kepala Kantor Bahasa Malut: Jangan Biarkan Bahasa Sula Terancam Punah
FTW Resmi Ditutup, Wabup Ajak Warga Jaga dan Lestarikan Destinasi Wisata Sula
Gelar Festival Tanjung Waka, Menparekraf Apresiasi Pemda Kepsul
Cuaca Buruk, Kegiatan Sail To Indonesi di Kepulauan Sula Ditunda
Siap Kawal FTW 2023, Kades Fatkauyon Ingatkan Oknum Pihak yang Menolak FTW
Wow! 50 Kapal Layar internasional Bakal Singgahi Kepsul Tahun ini
Sepakati Usia Sanana 673 Tahun, Ini Tanggal Hari Jadinya
Pemda Kepsul Gelar Seminar Penentu Hari Jadi Sula
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 31 Maret 2024 - 21:43 WIB

Polres Halmahera Barat Ciduk Pria Asal Jawa Tengah di Ternate

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:38 WIB

Salah Satu Pentinggi Perusahaan Tambang Mencuat di Sidang AGK

Rabu, 27 Maret 2024 - 19:49 WIB

Gandeng Wartawan, Sat Intelkam Polres Halbar Bagi bagi Takjil

Rabu, 27 Maret 2024 - 00:23 WIB

Praktisi Hukum Desak Kejati Telusuri Dugaan Korupsi Salmin Janidi

Selasa, 26 Maret 2024 - 20:32 WIB

Uang Dugaan Korupsi AGK Mengalir ke Sejumlah Perempuan

Kamis, 21 Maret 2024 - 17:39 WIB

Kejari Halbar Tetapkan Alfredsun Bassay sebagai Tersangka Korupsi Proyek

Kamis, 21 Maret 2024 - 04:01 WIB

KPK Diminta Ambil Alih Kasus Preservasi Jalan-Jembatan Keliling Tidore

Senin, 18 Maret 2024 - 21:01 WIB

Dua Kali Tidak Hadir, Agus: KPK Bisa Panggil Paksa Bos Hotel Batik

Berita Terbaru