Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Pariwisata · 28 Okt 2020 04:01 WIT ·

Ayoooo, Ke Puncak Tambesy Spot Baru Wisata Tabaru


 Ayoooo, Ke Puncak Tambesy Spot Baru Wisata Tabaru Perbesar

Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bukan saja dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi budaya dan rempah. Tapi Halbar juga memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, karena selain potensi wisata pantai dan keindahan bawa laut yang sudah mendunia, kini telah hadir spot wisata baru di Kecamatan Tabaru.

 

Berikut laporan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Esa Moi, Kecamatan Tabaru, Halmahera Barat, Maluku Utara, yang dirangkum Staf Dinas Kominfo Halbar, Arman Hi. Safi.

Puncak Tambesy merupakan spot baru wisata tabaru yang terletak di Desa Tuguis Kecamatan Tabaru. Tepatnya di area Perkebunan milik Amrosius Ais Putjutju, untuk mencapai titik pemandangan alam dengan landscape pegunungan, pengunjung harus tracking dari Desa Tuguis menuju Puncak Tambesy dengan menempu jarak kurang lebih 10 menit. Jalur menuju puncak Tambesy membutuhkan tenaga ekstra, sebab, permukaan tanah menuju puncak Tambesy agak  menanjak.

Puncak tambesy yang agak menanjak dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak, bukanlah hal sulit, karena ketika tiba dilokasi spot, semua keraguan dan kelelahan hilang seketika dengan penampilan landscape pegunungan yang melatar belakang Gunung Ibu yang merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Dari kejauhan, Gunung Ibu, yang indah seakan menyapa “nikmatilah anugerah Tuhan yang indah ini”.

Perkebunan kelapa milik warga, nampak hijau menyejukkan mata. Hembusan angin  sepoi-sepoi ditambah gumpalan-gumpalan awan putih, bak kapas bertaburan menambah eksotiknya pemandangan di tempat itu. Ada juga di waktu pagi dan sore hari puncak tambesy biasanya selalu di selimuti kabut tebal. Sebuah ukiran tulisan, I Love Tabaru pun menjadi ikon swa foto setiap pengunjung.

Ceremony pembukaan lokasi wisata alam Puncak Tambesy digelar tanggal 11 oktober 2020 lalu, oleh Camat Tabaru, Ariyanto Bobangu, ditandai dengan pengguntingan pita, acara ini di hadiri Pemdes Tuguis dan Pemdes Soasangaji serta Ketua KIM Esa Moi Tabaru James Kose, serta pengurus KIM Esa Moi Tabaru.

Pengelola wisata Tambesy, Amrosius pun telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk pengunjung yang bersantai menikmati pemandangan alam di lokasi tersebut, Pisang Goreng dan Air Jahe (Air Goraka) menjadi menu favorit di tempat itu.

Dari Pantauan KIM Esa Moi, saat acara Ceremony, pembukaan wisata Puncak Tambesy, wisatawan yang hadir membludak, kurang lebih 350 orang, semuanya wisatawan lokal, mereka datang dari desa-desa sekitar dan beberapa lagi dari Jailolo, Sahu dan Sahu Timur ada juga dari Loloda.

Selain wisata alam Puncak Tambesy, di Kecamatan Tabaru, juga menyediakan  beberapa spot wisata adventure (petualangan) yang berhubungan dengan air, diantaranya Air Terjun Mu’uti di Desa  Goin, Air Terjun Toouru di Desa Todoke, Ada juga Air Terjun yang dinamai sesuai nama desa tempat Air Terjun berada, seperti Air Terjun Borona, yang terletak di Desa Borona, Talaga Todoke dan Tokuoko, penamaan kedua Telaga tersebut juga sesuai dengan nama desanya. (KIM/Kominfo)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bersepeda 47 Kilo Meter, Bakal Meriahkan Pelaksanaan FTW 2021

19 November 2021 - 22:37 WIT

Danny Bangga Kreatif Anak Muda Lako Akelamo Kembangkan Potensi Wisata Lapasi

20 September 2020 - 13:04 WIT

Resmi Buka Festival Pantai Lapasi, Bupati Danny Ajak Pengunjung Patuhi Protokol Kesehatan

20 September 2020 - 08:47 WIT

Menuju New Normal, Barayan Pasundan Gandeng TNI Baksos di Lokasi Wisata

30 Agustus 2020 - 11:54 WIT

Fasilitas Tidak Memadai, Wisatawan Keluhkan Penarikan Retribusi di Pulau Babua

15 Juni 2020 - 01:27 WIT

Pemkab Batalkan Pelaksanaan FTJ ke 12

5 Juni 2020 - 11:21 WIT

Trending di Pariwisata