Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Advertorial · 7 Sep 2022 14:33 WIT ·

Bidang SDA PUPR Malut Berhasil Tuntaskan Jaringan Irigasi Toliwang Tepat Waktu


 Bidang SDA PUPR Malut Berhasil Tuntaskan Jaringan Irigasi Toliwang Tepat Waktu Perbesar

SOFIFI,Teluknews.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Utara (Malut) akhirnya menuntaskan proyek jaringan Irigasi sekunder di Desa Toliwang Kabupaten Halmahera Utara.

Pekerjaan jaringan irigasi sekunder yang dikerjkan oleh  Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Malut ini, alokasi anggaranya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). tahun anggaran 2022 senilai Rp 2,6 miliar yang dikerjakan CV. Sinar Mutiara Abadi ini selama 8 bulan namun dikerjakan hanya 3 bulan dengan progres fisik 100 persen.

“Pekrjaan sudah 100 persen, dengan panjang kurang lebih 1 km,  terdiri dari panjang jaringan sekunder 900 meter, 1 bangunan terjunan dan 4 buah bangunan bagi sadap,  serta tanggul tanah bangunan sepanjang bangunan sekunder,”ungkap Kepala Bidang (Kabid) SDA Dinas PUPR Malut Syaiful Amin, ketika dikonfirmasi belum lama ini

Saiful menjelaskan, jaringan irigasi yang telah selesai dikerjakan itu, akan menamba  pelayanan saluran air ke lahan persawaan bertamba 100  hektar lebih. Bahkan ke depan masih banyak lagi program irigasi untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan.

“Sesuai dengan wewenang provinsi saluran irigasi daerah Toliwang kurang lebih 2.000 hektare akan ditangani secara bertahap,”jelasnya.

Menurutnya, program DAK yang terkontrak  Maret seharusnya tuntas pada Oktober. Namun di awal Juli sudah berhasil dituntaskan.

“Ini yang kami harapkan agar bisa menjadi contoh kepada rekanan yang lain agar betul-betul fokus dalam melakukan pekerjaan,”tukasnya.

Saiful mengaku,  sangat berterima kasih kepada rekanan, karena menyelesaikan pekerjaan sebelum masa kontrak berakhir, selain itu, pengawasan yang memadai dari konsultan pengawas khususnya di Bidang SDA

“Memang konsentrasi kita full untuk menyelesaikan pekerjaan jaringan irigasi, sehingga kegiatan yang bersumber dari DAK progresnya sangat luar biasa,”pungkasnya. (adv)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dihadapan Gubernur, Kepala Perpusnas Pastikan Hadiri Festival Literasi di Sofifi

7 September 2022 - 17:16 WIT

PUPR Target Ruas Jalan Provinsi di Kabupaten/kota Tuntas 2023

7 September 2022 - 16:01 WIT

PUPR Target Proyek SMI Tuntas Sebelum November

7 September 2022 - 15:35 WIT

Selesaikan Polemik Masjid Raya Sofif, PUPR Surati LKPP

6 September 2022 - 23:48 WIT

Gelar Kemah Literasi, Disarpus Malut Sosialisasi Gerakan Sibua Literasi

6 September 2022 - 19:48 WIT

Kadis PUPR Komitmen Penuhi Janji Gubernur Bangun Masjid Sultan Jailolo

4 September 2022 - 22:17 WIT

Trending di Advertorial