Disarpus Malut Sukses Gelar Workshop Literasi Bagi Kepala Desa Secara Hybrid

- Jurnalis

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Disarpus Malut saat menggelar Workshop Literasi Secara Hibryd, Selasa (30/08/2022)

Disarpus Malut saat menggelar Workshop Literasi Secara Hibryd, Selasa (30/08/2022)

TOBELO,Teluknews.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Maluku Utara (Malut) terus mendorong gagasan Sinergitas Budaya Baca Lintas Sektor (Sibua Literasi) dan event Festival dan Pekan Pentas Literasi (Pesta).

Dorongan yang dilakukan Disarpus Malut ini dengan cara menggelar Workshop Literasi bagi Kepala Desa di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Kegiatan workshop sendiri dibuka secara resmi oleh Bupati yang diwakili Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Halmahera Utara Yudhiahart Noya, secara luring maupun hibrid yang bertempat di Aula Kantor Bupati Halut di Tobelo, Selasa (30/08/2022).

Asisten III Yudhiahart Noya saat menyampaikan sambutan bupati menyatakan, untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan literat merupakan kerja bersama untuk menjadikan gemar membaca sebagai Budaya harus berawal dari diri sendiri dan keluarga agar kelak mampu memberi contoh bagi masyarakat di sekitarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Setiap pemimpin di negeri ini memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap kondisi membaca, mereka ingin masyarakat cerdas dan literat,”kata Yudhiahart mengutip sambutan bupati.

Yudhiahart berharap, melalui kegiatan ini agar dapat lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para kepala Desa dalam upaya budayakan Literasi serta mengembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Halut.

Baca Juga :  Terbaik Terapkan Sistem Merit, AGK Dapat Penghargaan Dari KASN

“Dengan adanya kegiatan workshop ini dapat menerapkan Budaya baca di masyarakat guna mendukung Pembangunan di Desa dan  memajukan ekonomi Desa,”harapnya.

Yudhiahart juga memberikan apresiasi gagasan proyek Perubahan atas nama Reformer Muliadi Tutupoho selaku Kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan ke X PUSLATBANG KMP LAN Makasar dengan Judul Gerakan SIBUA LITERASI.

“Kami mendukung sepenuhnya gerakan SIBUA Literasi  dalam bentuk kebijakan dan promosi di Daerah kami dan saya mengajak kepada seluruh kepala Desa agar bisa memfasilitasi sosialisasi gerakan SIBUA Literasi dimasyarakat dan mendukung pembentukan tim penggerak Literasi di sekolah dan Desa di wilayah Halmahera Utara,”tandasnya.

Sementara Kepala Disarpus Malut Muliadi Tutupoho mengatakan, kegiatan Workshop Literasi merupakan agenda besar nantinya pada akhir bulan september yakni festival Literasi.

“Hari ini adalah agenda pra Even itu sendiri dengan mengundang seluruh kepala Desa yang ada di Halmahera Utara, dan Secara daring  juga di ikuti kepala Desa di wilayah sofifi dan sekitarnya,”tukasnya.

Mantan Ketua KPU Malut ini menambahkan, maluku utara harus ada upaya untuk mendorong peningkatan Literasi, dan peningkatan Literasi harus dimulai dari desa. Desa sangat besar perannya dalam mendorong peningkatan literasi itu sendiri, Literasi tidak hanya sekedar membaca buka tetapi literasi juga dalam aspek Secara luas. Terkait dengan kegiatan ini Sibua Literasi, saat ini Muliadi sendiri saat ini mengikuti  Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II (PKN II) di LAN Makassar.

Baca Juga :  Ribuan Pelajar di Halut Antusias Beri Dukukan Gerakan Sibua Literasi

“Kegiatan ini dirangkaikan dengan Implementasi Proyek Perubahan dengan Judul yang diangkat adalah SIBUA LITERASI atau Sinergitas Budaya Baca dan Literasi Lintas Sektor,”paparnya.
Mantan Juru Bicara Pemprov Malut ini menyatakan, peran penting kepala desa adalah bagaimana supaya menumbuh kembangkan literasi di desa itu sendiri. Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat orang membaca saja tetapi menjadi orng berinovasi di dalamnya.

“Tidak hanya masuk ke Perpustakaan tetapi kami juga menyiapkan yang namanya aplikasi SIBUA Literasi dalam bentuk Barcode/QR,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan workshop di hadiri Narasumber secara daring adalah Prof. DR. Gufran Ali Ibrahim dari akademisi, dan kepala Biro Humas Kemendes PDTT Erlin dan General Manager Andi Global Soft Ifan Pernadin. Sementara para Kades yang hadir sebanyak 130 orang, terdiri dari 100 Kades dari Halut dan 30 Kades dari Tikep. (red)

Berita Terkait

Pemprov dan BPK Malut Gelar Pertemuan Manajemen Aset
Pungli di Dukcapil Halmahera Barat Terkuak, GMNI dan LMND Demo Kadiscapil
Wagub M. Al Yasin Ali Resmi Lepas 1.078 Jamaah Calon Haji Malut
Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Diimbau Jaga Toleransi
Rayakan Hari IBU ke 94, Dinas PPPA Malut Resmikan Bangunan Kantor
Wagub Malut Terima Empat Sertifikat WBTB 2022 dari Presiden RI
Terbaik Terapkan Sistem Merit, AGK Dapat Penghargaan Dari KASN
200 LO Sail Tidore Dapat Pembekalan Dari Biro Adpim Malut
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 19:54 WIB

Pererat Silaturahmi, IKM Halsel Gelar Bukber

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:10 WIB

Pemkab Halsel Pusatkan Shalat Ied di Masjid Agung Al-khairat

Sabtu, 23 Maret 2024 - 15:30 WIB

Kunjungan di Kayoa, Bupati Ajak Warga Doakan Alm. Usman Sidik

Sabtu, 23 Maret 2024 - 11:07 WIB

Heboh! Warga Teriaki Kata Ini ke Bupati Sula saat Bagi Parsel dan Alquran, Disaksikan Ketua-ketua Parpol

Rabu, 20 Maret 2024 - 07:43 WIB

Safari Ramadan di Malam Hari, Bupati Fifian Disambut Hangat Warga Pulau Mangoli

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:05 WIB

Terkait Piutang yang Diduga Melibatkan Kadinkes Kepsul, Fandi: Sudah Dilunasi Ibu Kadis

Selasa, 19 Maret 2024 - 08:58 WIB

Baru Triwulan Satu, Disnaker Halmahera Selatan Sumbang PAD Rp 8,8 Miliar

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:00 WIB

Bupati Kepsul Kembali Santuni Janda dan Anak Yatim di Lima Kecamatan

Berita Terbaru

Andi Muktiono saat memberikan kesaksian di sidang lanjutan kasus suap AGK. Dari monitor terlihat Abdul Ghani Kasuba dan Ramadhan Ibrahim.

Hukrim

Nama Bos Mineral Trobos Terungkap dalam Sidang Suap AGK

Rabu, 27 Mar 2024 - 20:38 WIB

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi menghadirkan empat saksi untuk terdakwa Adnan Hasanuddin dalam sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Hukrim

Uang Dugaan Korupsi AGK Mengalir ke Sejumlah Perempuan

Selasa, 26 Mar 2024 - 20:32 WIB

Foto Bersama Pengurus IKM Halsel Usai Bukber di Sekretariat Desa Mandaong, Rabu (26/3/2024)

Daerah

Pererat Silaturahmi, IKM Halsel Gelar Bukber

Selasa, 26 Mar 2024 - 19:54 WIB