Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Advertorial · 30 Agu 2022 20:27 WIT ·

Gagasan Gerakan SIBUA LITERASI Dapat Apresiasi Dari Kemendes PDTT


 Suasana Workshop Pra Event Festival Literasi di ruang aula kantor bupati halut, Selasa (30/08/2022) Perbesar

Suasana Workshop Pra Event Festival Literasi di ruang aula kantor bupati halut, Selasa (30/08/2022)

SOFIFI,Teluknews.com – Gagasan Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan (Disarpus) Maluku Utara (Malut) menggelar event Festival Pekan Pentas Literasi (Pesta) dan Sinergitas Budaya Baca Lintas Sektor (Sibua Literasi) mendapat dukungan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kenapa tidak, gagasan Festival Pesta dan Sibua Literasi yang digagas oleh Kepala Disapus Malut Muliadi Tutupoho, kini mendapat respon baik dari berbagai pihak, bahkan para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) sangat antusias mendukung gagasan Fesival Pesta dan Sibua Literasi. Dukungan dari Kemendes PDTT dan para Kades itu, terlihat saat Disarpus Malut menggelar Workshop para event festival literasi secara daring maupun secara tatap muka.

Workshop yang dipusatkan di kantor Bupati Halut di hadiri 130 Kades yang terdiri dari 100 Kades dari Halut dan 30 Kades dari tikep yang mengikuti Workshop secara daring di kantor Disarpus Malut di Sofifi, Selasa (30/08/2022). Kegiatan workshop juga dihadiri dua narasumber yakni dari Akademisi Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim dan Sekjen Kemendes yang diwakili oleh Kepala Biro Humas Erlin Chaerlinatun.

“Kegiatan workshop yang digelar hari ini, merupakan pra event festival literasi yang difokuskan di tiga Kabupaten dan Kota yakni, Kota Ternate, Tidore dan Halut,”ungkap Kepala Disarpus Malut Muliadi Tutupoho saat membuka kegiatan workshob secara langsung di kantor bupati halut dan di ikuti secara daring oleh para Kades Tikep di kantor Disarpus Malut, Selasa (30/08).

Menurut Muliadi, pra event festival literasi yang digelar dalam bentuk worksop dan lomba literasi dimulai sejak tanggal 30 agustus hingga 8 september, sehingga hari ini kegiatan workshop difokuskan pada para kepala desa di halut dan sofifi secara luring dan daring. Secara luring di pusatkan di aula kantor Bupati Halut dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang dengan tema akselerasi Budaya Literasi Menuju Maluku Utara Cerdas. Mantan juru bicara gubernur malut ini juga menyampaikan, pentingnya budaya baca dan literasi bagi kepala Desa maupun masyarakat pada umumnya.

“Saya juga meminta dukungan dan kerjasamanya dalam implementasi proyek perubahan pada pelatihan kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan X PUSLATBANG KMP LAN Makassar tahun 2022 dengan Judul Gerakan SIBUA LITERASI di Provinsi Maluku Utara,”tandasnya.

Sementara Bupati yang diwakili Asisten III Yudhiahart Nyoa menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan event festival literasi dan memberikan apresiasi atas gagasan tentang Gerakan SIBUA LITERASI.

“Kami mendukung sepenuhnya Gerakan SIBUA LITERASI dalam bentuk kebijakan dan promosi di daerah kami dan saya mengajak kepada seluruh kepala Desa agar bisa memfasilitasi kegiatan sosialisasi Gerakan SIBUA LITERASI di masyarakat dan mendukung pembentukan tim penggerak literasi di desa dan sekolah,”tegasnya.

Terpisah Sekjen Kemendes yang diwakili oleh Kepala Biro Humas Erlin Chaerlinatun menyatakan, kebijakan pemerintah melalui Kemendes mendukung pembangunan Perpusatakaan dan fasilitasnya melalui anggaran Dana Desa. Erlin juga memberikan apresiasi khusus kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara Muliadi Tutupoho atas Gagasan SIBUA LITERASI di Maluku Utara dan berharap Gagasan ini menjadi solusi Secara Nasional untuk menjawab problem literasi di Indonesia.

“Semoga pak Muliadi Tutupoho menjadi reformer PKN tingkat II yang terbaik secara nasional,”pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan workhop kemarin Prof.Dr. Gufran Ali Ibrahim yang hadir sebagai narasumber memberikan materi tentang strategi pengembangan Literasi masyarakat berbasis local wisdom. (red)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gubernur : Gerakan Literasi Harus Selalu di Kampanyekan

3 Oktober 2022 - 11:31 WIT

Berbagai Lomba Ramaikan Festival Literasi di Sofifi

2 Oktober 2022 - 10:58 WIT

Fokus Penataan Asset, BPKAD Gelar Sosialisasi dan Bimtek RKBMD

29 September 2022 - 20:53 WIT

Tingkatkan Sektor Pajak, BPKAD Gelar Pelatihan

27 September 2022 - 20:24 WIT

Perbaiki Pertanggujawaban Keuangan, BPKAD Gelar Bimtek

25 September 2022 - 20:12 WIT

Tampil Maksimal, DWP BPKAD Malut Juara Lomba Paduan Suara

8 September 2022 - 20:35 WIT

Trending di Advertorial