Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Advertorial · 25 Sep 2022 20:12 WIT ·

Perbaiki Pertanggujawaban Keuangan, BPKAD Gelar Bimtek


 Kepala BPKAD Ahmad Purbaya saat memberikan materi Bimtek di Hotel Ambarukmo Jogjakarta, Sabtu (24/09/2022) Perbesar

Kepala BPKAD Ahmad Purbaya saat memberikan materi Bimtek di Hotel Ambarukmo Jogjakarta, Sabtu (24/09/2022)

SOFIFI,Teluknews.com – Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Maluku Utara (Malut), terus memacu sprit para bendahara di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut untuk menata sistem pelaporan dan pertanggujawaban keuangan daera.
Ini bisa dilihat ketika BPKAD memfasilitasi para bendahara untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kinerja aparatur pemerintah dalam penatausahaan, pertanggungjawaban keuangan daerah serta strategis menghadapi audit dalam penyusunan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, di Hotel Ambarukmo Jogjakarta, Sabtu (24/09/2022).
“Kegiatan bimtek yang kita gelar saat ini, untuk membekali para bendahara, sehingga dapat mempersiapkan pertanggujawaban keuangan daerah yang lebih baik dan tepat waktu,”ungkap Kepala BPKAD Malut, Dr. Ahmad Purbaya ketika dikonfirmasi, Minggu (25/09/2022).
Menurut Purbaya, saat ini pemerintah provinsi terus berupaya memperbaiki sistem pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan terukur, sehingga pertanggujawaban keuangan harus lebih cepat agar ketika tiba saatnya pemeriksaan para bendahara SKPD sudah bisa mempersiapkan semua pertanggungjawaban keuanga.
“Kita semua saat ini dalam proses pembelajaran untuk membenahi sistem pertanggujawaban keuangan daerah,”ucapnya.
Mantan Kepala Inspektorat Malut ini berharap, para peserta bimtek dapat mengikuti materi secara baik dan memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan untuk memperbaiki sistem pengelolaan keuangan dan pertanggujawaban keuangan, sehingga ketika kembali ke instansi masing masing dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam penyusunan pertanggungjawaban keuangan daerah.
“Harapnya semua bendahara dapat mengikuti bimtek dengan baik dan memperhatikan materi yang diberikan para narasumber, sehingga pertanggujawaban keuangan bisa disusun lebih baik dan tepat waktu,”harapnya.
Purbaya sendiri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia, Pusdiklat Permendagri dan Bidang Perbendaharaan yang melaksanakan kegiatan bimtek, karena karena kegiatan bimtek yang dilaksanakan itu, menjadi pembinaan dan solusi menghadapi pemeriksaan kedepan.
“Prinsipnya, kita terus berupaya agar pertanggujawaban keuangan daerah bisa lebih baik dan pada saat pemeriksaan keuangan dari BPK maupun BPKP, kita sudah siap,”pungkasnya.
Untuk diketahui, kegiatan bimtek digelar sejak 22 September hingga 25 September yang dihadiri Direktur Pelaksanaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Horas Maurits Panjaitan, MEc.Dev,  Kepala Seksi Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahmad Edwin, SE., M.Si, Kepala BPKAD Dr. Ahmad Purbaya dan para bendahara SKPD di lingkup Pemprov Malut. (red)
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gubernur : Gerakan Literasi Harus Selalu di Kampanyekan

3 Oktober 2022 - 11:31 WIT

Berbagai Lomba Ramaikan Festival Literasi di Sofifi

2 Oktober 2022 - 10:58 WIT

Fokus Penataan Asset, BPKAD Gelar Sosialisasi dan Bimtek RKBMD

29 September 2022 - 20:53 WIT

Tingkatkan Sektor Pajak, BPKAD Gelar Pelatihan

27 September 2022 - 20:24 WIT

Tampil Maksimal, DWP BPKAD Malut Juara Lomba Paduan Suara

8 September 2022 - 20:35 WIT

Dihadapan Gubernur, Kepala Perpusnas Pastikan Hadiri Festival Literasi di Sofifi

7 September 2022 - 17:16 WIT

Trending di Advertorial