Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Advertorial · 2 Sep 2022 19:55 WIT ·

Ribuan Pelajar di Halut Antusias Beri Dukukan Gerakan Sibua Literasi


 Ribuan Siswa/siswi di Halut, sangat antusias saat mengikuti sosialisasi gerakan Sibua Literasi, Kamis (1/09/2022) Perbesar

Ribuan Siswa/siswi di Halut, sangat antusias saat mengikuti sosialisasi gerakan Sibua Literasi, Kamis (1/09/2022)

TOBELO,Teluknews.com – Ribuan siswa/siswi di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menyambut baik gerakan Sinergitas Budaya Baca Lintas Sektor (Sibua Literasi) yang di gagas Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Maluku Utara (Malut), Muliadi Tutupoho.

Dukungan ribuan siswa/siswi di halut tentang gerakan Sibua Literasi ini terlihat saat Disarpus Malut mengelar sosialisasi Sibua Literasi di Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Halut. Sosialisasi yang dilakukan langsung oleh Kadisarpus Muliadi Tutupoho yang juga sebagai Reformer pada Pelatihan Kepemimpinan Nasinal tingkat II angkatan X Puslatbang KNP LAN Makasar 2022, dilakukan di beberapa sekolah pada Kamis (1/09/2022). Sosialisasi yang dilakukan dalam rangka mendorong minat baca bagi para siswa/siswi di halut. Setidaknya ada 9 sekolah sebagai tujuan sosialisasi dintaranya SMA Negeri 1 Halut, Madrasyah Tsanawiyah Alkhairat Tobelo, SMP Alkhairat Tobelo,  Madrasyah Aliyah Alkhairat Tobelo, SMK Alkhairat Tobelo, SMA Muhammadiyah Galela, SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Halut.

Kadisarpus Malut Muliadi Tutupoho saat menyampaikan sambutannya pada saat apel pagi di SMA Negeri 1 Halut dan di pondok Alkhairat Tobelo menyatakan, untuk keluar dari daftar urutan terbawa, terkait kondisi literasi di malut, maka kegiatan sosialisasi dan promosi Gerakan SIBUA LITERASI, terus dilakukan agar tujuan mewujudkan Maluku Utara membaca dan Maluku Utara Cerdas bisa terwujud.

“Dukungan dari pelajar sangat penting agar kita sama-sama meningkatkan kualitas membaca, agar siswa-siswi di Halmahera Utara biasa unggul dari sisi kualitas literasi,”ungkap Muliadi disambut tepuk tangan dari ribuan Siswa yang hadir dalam acara sosialisasi.

Mantan Juru Bicara Gubernur ini mengajak kepada siswa-siswi agar meningkatkan kualitas dengan cara membaca dan belajar di mana saja.

“Membaca itu bukan menjadi kewajiban kita, tetapi menjadi kebutuhan kita. Membaca dan belajar bukan saja di sekolah, tapi di rumah dan dimana saja bisa dilakukan, sehingga jangan pernah bosan untuk belajar dan membaca agar bisa meraih apa yang dicita citakan kedepan,”ujarnya.

Multop sapaan akrab Muliadi Tutupoho menambahkan, generasi penerus bangsa ini adalah para siswa/siswi yang saat ini menempuh pendidikan, olehnya itu jangan pernah bosan untuk membaca, karena dengan membaca maka berbagai referensi ilmu pengetahuan bisa didapat dengan mudah, bahkan hal hal yang positif dan negatif juga bisa didapat dengan cara membaca.

“Siswa/siswi adalah generasi penerus bangsa dan daerah ini, jangan pernah bosan untuk membaca, karena dengan membaca kita bisa menambah ilmu pengetahuan kita,”tukasnya.

Mantan Ketua KPU Malut ini juga menyampaikan kepada para siswa/siswi jika tidak punya kesempatan pergi ke perpustakaan untuk membaca, maka Disarpus Malut telah memberikan kemudahan agar para siswa lebih cepat mengakses buku bacaan, karena saat ini Disarpus Malut telah menyediakan Barcode atau Website Sibua literasi.com.

“Dengan Smartphone atau Handpone, kita sudah bisa melihat banyak referensi buku yang butuhkan, baik buku-buku umum atau buku-buku kaitan dengan agama, sosial, ekonomi, budaya,”tandasnya.

Muliadi juga mengingatkan bahwa dinasnya akan memilih siswa siswi yang berprestasi dan berkualitas nanti akan sebagai tim penggerak Literasi atau jojaru ngongare di sekolah masing-masing.

“Sosialisasi dan promosi Sibua Literasi diharapkan para guru dapat mendukung Program Literasi untuk menuju Maluku Utara Cerdas, Maluku Utara yang berkualitas dari generasi-generasi penerus kita,”ucapnya

Sementara, Kepala Sekolah SMA Negeri 1  Halut Marten Imanuel mengapresiasi dan sangat berterimah kasih atas kegiatan sosialisasi program Sibua Literasi yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara.

“Saya yakin apa yang disampaikan Kepala Disarpus Malut sangat bermanfaat bagi mutu satuan pendidikan di SMA Negeri 1 Halut,”pungkasnya.

Disela-sela kegiatan sosialisasi, Kepala Disarpus Malut Muliadi Tutupoho berkesempatan berkunjung dan melihat kelengkapan Perpustakaan di SMA N 1 Halut. Muliadi berjanji akan memberikan buku bantuan dari gubernur. (red)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gubernur : Gerakan Literasi Harus Selalu di Kampanyekan

3 Oktober 2022 - 11:31 WIT

Berbagai Lomba Ramaikan Festival Literasi di Sofifi

2 Oktober 2022 - 10:58 WIT

Fokus Penataan Asset, BPKAD Gelar Sosialisasi dan Bimtek RKBMD

29 September 2022 - 20:53 WIT

Tingkatkan Sektor Pajak, BPKAD Gelar Pelatihan

27 September 2022 - 20:24 WIT

Perbaiki Pertanggujawaban Keuangan, BPKAD Gelar Bimtek

25 September 2022 - 20:12 WIT

Tampil Maksimal, DWP BPKAD Malut Juara Lomba Paduan Suara

8 September 2022 - 20:35 WIT

Trending di Advertorial