Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Promo News · 13 Nov 2020 11:31 WIT ·

Serahkan Sertifikat Tanah, Rizal Ajak Petani Manfaatkan Dana KUR


 Serahkan Sertifikat Tanah, Rizal Ajak Petani Manfaatkan Dana KUR Perbesar

JAILOLO,Teluknews.com – Para pengusaha dan petani di Kecamatan Ibu Selatan, Ibu dan Ibu Tabaru diminta agar dapat memanfaatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk produksi pertanian.

Hal itu disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Halmahera Barat (Halbar) M. Rizal Ismail, ketika menghadiri kegiatan sosialisasi Gerakan Orientasi Ekspor Untuk Kesejahteraan Rakyat (Gosora) di Kecamatan Ibu Selatan, Jumat (13/11).

Menurut Rizal, dana KUR di Maluku Utara mendapat jatah sebesar Rp. 1 triliun, namun hingga memasuki bulan November tahun ini, dana KUR baru terserap Rp. 25 miliar, sehingga dana KUR yang tersisa Rp. 975 miliar.

”Dana sebesar ini jika tidak dimanfaatkan sangat rugi, padahal bunga untuk dana KUR hanya 6 persen, sehingga kalau pinjam Rp. 100 juta, maka bunga yang dikembalikan hanya Rp. 6 juta,”ungkapnya.

Rizal menambahkan, jika pengusaha ingin mengambil dana KUR, maka silahkan ajukan proposal ke Dinas pertanian Provinsi, karena berapa saja yang akan diambil akan di kasih, namun harus bentuk kelompok pertanian.

”Jadi jika pengusaha itu ambil dana KUR, maka dana itu akan diperuntukan untuk membeli alat produksi pertanian, jadi bukan memberika uang kepada kelompok tani,”jelasnya

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Pemkab Halbar, Totari Balatjai menyampaikan, selain sosialisasi program Gosora, juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah kepada petani sebanyak 101 sertifikat di Kecamatan Ibu Selatan.

”Jadi sesuai informasi dari pak Pjs, Sertifikat yang sudah diserahkan kepada petani itu, para petani bisa menggunakan untuk mengajukan pinjaman dana KUR sebanyak Rp. 50 juta untuk pengembangan sektor pertanian,”pungkasnya. (red/pn)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PUPR Malut Maraton Bahas Revisi RTRW Provinsi

23 November 2021 - 10:13 WIT

Gelar Dialog Publik Harmoni, Bupati James Serukan Kembali Gagasan Segi Tiga Emas

25 Juni 2021 - 02:52 WIT

Pemkab Rancang Dialog Harmoni Membangun Halbar

16 Juni 2021 - 08:58 WIT

Bupati Sebut Event FTJ Mampu Dongkrat Ekonomi Rakyat

9 Juni 2021 - 07:05 WIT

Setelah Sukses Launching Gasa Ino, Kadikominfo Langsung Teken MoU Dengan Kapolres

22 Oktober 2020 - 10:27 WIT

Jubir DAMAI, Ada Aroma Politik Terkait Komentar Korwil PKH Malut

14 Oktober 2020 - 13:29 WIT

Trending di Promo News