Menu

Mode Gelap
Pemkab Halbar Keciprat Dana Transfer Rp768 Miliar Tekan Penyalagunaan Medsos, Diskominfo Halbar Gelar Sosialisasi Si Jago Mera Mengamuk, 5 Rumah Warga di Kepsul Hangus Terbakar Selundupkan 250 Botol Miras, ABK Kapal KM Rukun Abadi Diamankan Angota Polres Sula Wakili Bupati/Walikota Se-Malut, Fifian Sampaikan Komitemen Pertahankan Opini WTP

Daerah · 25 Mei 2022 16:25 WIT ·

Wujudkan Halbar Berdering, 61 Tower BTS 4G Mulai Dibangun


 Bupati James Uang saat melakukan pembangunan Tower Bakti 4G di Desa Jere, Kecamatan Ibu Selatan, Rabu (25/02/2022) Perbesar

Bupati James Uang saat melakukan pembangunan Tower Bakti 4G di Desa Jere, Kecamatan Ibu Selatan, Rabu (25/02/2022)

JAILOLO,Teluknews.com – Harapan masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat, untuk menikmati jaringan Telekomunikasi 4G, bakal terwujut.

Ini menyusul, Bupati James Uang, secara sembolis melakukan pelatakan batu pertama pembangunan tower BTS 4G Bakti, yang dipusatkan di Desa Jere Kecamatan Ibu Selatan, Rabu (25/5/2022). Sebanyak 61 titik pembangunan tower BTS 4G itu mulai dibangun pada 10 Kecamatan di Halmahera Barat.

Bupati James Uang saat menyampaikan sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo RI karena program ini terealisasi dengan baik. Tentunya dengan adanya pembangunan 61 titik tower BTS 4G ini sudah mampu mengakses jaringan telepon dan jaringan internet bagi masyarakat di Halmahera Barat.

“Hadirnya jaringan ini, pasti memudahkan masyarakat halmahera barat berkomunikasi terutama bagi mahasiswa yang berkuliah diluar dapat berkomunikasi dengan keluarga di halmahera barat dan memudahkan pemerintah desa untuk mengupdate data desa,”ungkapnya.

Mantan Anggota DPRD Halbar ini menambahkan, dengan adanya pembangunan 61 titik tower di halmahera barat dapat medorong program Pemerintah JUJUR yaitu Halbar Berdering.

“Jadi saya berharap masyarakat dapat menggunakan BTS 4G ini dengan baik untuk mendukung pembangunan Halmahera Barat,”katanya.

Sementara, Staf Ahli Bakti Kementerian Kominfo RI Hendro Efendi dalam menjelaskan, 61 titik tower yang didatangkan ke kabupaten hamahera barat ini adalah hasil komunikasi dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Semoga dengan berdirinya tower BTS 4G ini dapat memerdekakan sinyal dese-desa yang tertinggal, yang mana di pemerintah pusat menyebutnya daerah 3T, dan di harapkan masyarakat dapat membuka wawasannya dan dapat menggunakan jaringan ini sebaik mungkin,”harapnya.

Terpisah, Kapala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Halbar Sahmi Salim menyatakan, Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kominfo Halbar terus membangun koordinasi teknis dengan pihak Bakti Kemenkominfo dalam rangka mewujudkan program halbar berdering di Kabupaten Halbar, melalui program Indonesia Merdeka Sinyal pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infomatika (Bakti).

“Masyarakat Halmahera Barat harus bersukur atas usulan dan komunikasi aktif yang di bangun oleh pak bupati, pada tahun ini kita kebagian 61 titik tower 4G yang akan di bangun oleh pihak Bakti Kemenkominfo di Halmahera Barat,”katanya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Halbar ini mengaku, sebanyak 61 titik pembangunan yang tersebar di sejumlah kecamatan dan titik desa yang masuk dalama kategori blank sport di antaranya, Kecamatan Loloda 12 titik, Loloda Tengah 5 titik, Tabaru 8 titik, Ibu 11 titik, Ibu Selatan 9 titik, Sahu Timur 6 titik, Sahu 2 titik, Jailolo Selatan 4 titik, Jailolo Timur 3 titik dan Jailolo 1 titik.

“Dari jumlah itu, saat ini sudah ada 3 tirik lokasi di Kecamatan loloda tengah yakni desa jangailulu, tosomklo dan bilote yang pembangunannya sudah mencapai 80 persen tuntas, dan tinggal menunggu pemasangan perangkat BTS 4G,” Jelasnya.

Sahmi juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Bakti Kemeterian Kominfi RI yang telah mengakomodir kebutuhan masyarakat Halmahera Barat dalam akses Komunikasi.

“Dengan adanya pembangunan tower BTS 4G Bakti ini, maka program halbar berderjng sebagimana yang tertuang dalam RPJMD Bupati dado pemerintah Halmahera Barat dipastikan dapat terwujud, karena seluruh desa yang ada di wilayah halmahera barat akan diakses melalui jaringan telekomunikasi yang berbasis 4G,”tukasnya. (bur)

Artikel ini telah dibaca 150 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Upacara HUT PGRI di Kepsul Berlangsung Khidmat

25 November 2022 - 18:40 WIT

Gelar Raker, DPC Apdesi Halbar Bahas Pendampingan Hukum Para Kades

23 November 2022 - 19:18 WIT

Dapat Penghargaan dari Kemendes PDTT, Pemda Kepsul Tuai Apresiasi

18 November 2022 - 19:24 WIT

Alia Henaulu Terpilih Nahkodai Srikandi PP Kepsul

18 November 2022 - 16:46 WIT

Terima Penghargaan Kemendes PDTT, Bupati Kepsul: Terima Kasih Pak Menteri

18 November 2022 - 01:58 WIT

2023, DP3A Kepsul Gandeng Polisi Basmi Human Trafficking

16 November 2022 - 02:35 WIT

Trending di Daerah